Friday 27 December 2013

GELATIN

Assalamualaikum sahabat yang dirahmati Allah;

Info untuk saya share hari ni adalah mengenai GELATIN. Saya ada membuat sedikit research daripada blog-blog yang lain mengenai gelatin. Since saya menggunakan untuk membuat kek, amat penting dalam pembikinan kek saya tiada nuansa syubhah diadalam  makanan saya. Kita terikat dengan amanah orang yang mengharapkan agar makanan yang dipesan itu halal, enak lagi mengenyangkan. haruslah kita menitik beratkan apa kandungan yang ada atau kita gunakan dalam pembikinan makanan kita supaya tidak dipersoal Allah di muka pengadilan nanti. Sedangkan kita sudah senang pada masa kini untuk mendapat pelbagai maklumat di hujung jari Subhanallah..

Ok.. gelatin ni adalah daripada bahagian haiwan  sepeti tulang ataupun kulit haiwan. Perosalannya, adakah haiwan yang dijadikan gelatin itu adalah haiwan disembelih ataupun daripada babi. Mengikut kajian gelatin yang digunakan daripada haiwan tidak disembelih ataupun tidak halal, ada berbau sepeti busuk masa kita buat double boil untuk mencairkannya. Ini maklumat daripada blogger lain baca paragraph di bawah yer.


(http://kaahil.wordpress.com/2009/02/03/gelatin-halal-dan-gelatin-haram/)
Pada prinsipnya gelatin dapat dibuat dari bahan yang kaya akan kolagen seperti kulit dan tulang baik dari babi maupun sapi atau haiwan lainnya. Akan tetapi, apabila dibuat dari kulit dan tulang sapi atau hewan besar lainnya, prosesnya lebih lama dan memerlukan air pencuci/penetral (bahan kimia) yang lebih banyak, sehingga kurang berkembang karena perlu investasi besar sehingga harga gelatinnya menjadi lebih mahal.
Sedangkan gelatin dari babi jauh lebih murah dibanding bahan tambahan makanan lainnya. Itu karena babi mudah diternak. Babi dapat makan apa saja termasuk anaknya sendiri. Babi juga bisa hidup dalam kondisi apa saja sekalipun sangat kotor. Dari segi pertumbuhan, babi cukup menjanjikan. Seekor babi bisa melahirkan dua puluh anak sekaligus. Karena sangat mudah dikembangkan, produk turunan dari babi sangat banyak. (www.republika.co.id/infohalal)

C. Manfaat gelatin dan jenis-jenis produk yang menggunakannya
Gelatin sangat penting dalam rangka diversifikasi bahan makanan, karena nilai gizinya yang tinggi yaitu terutama akan tingginya kadar protein khususnya asam amino dan rendahnya kadar lemak. Gelatin kering mengandung kira-kira 84 – 86 % protein, 8 – 12 % air dan 2 – 4 % mineral. Dari 10 asam amino essensial yang dibutuhkan tubuh, gelatin mengandung 9 asam amino essensial, satu asam amino essensial yang hampir tidak terkandung dalam gelatin yaitu triptofan.
Fungsi-fungsi gelatin dalam berbagai contoh jenis produk yang biasa menggunakannya antara lain :
1.Jenis produk pangan secara umum: berfungsi sebagai zat pengental, penggumpal, membuat produk menjadi elastis, pengemulsi, penstabil, pembentuk busa, pengikat air, pelapis tipis, pemerkaya gizi.
2.Jenis produk daging olahan: berfungsi untuk meningkatkan daya ikat air, konsistensi dan stabilitas produk sosis, kornet, ham, dll.
3.Jenis produk susu olahan: berfungsi untuk memperbaiki tekstur, konsistensi dan stabilitas produk dan menghindari sineresis pada yoghurt, es krim, susu asam, keju cottage, dll.
4.Jenis produk bakery: berfungsi untuk menjaga kelembaban produk, sebagai perekat bahan pengisi pada roti-rotian, dll
5.Jenis produk minuman: berfungsi sebagai penjernih sari buah (juice), bir dan wine.
6.Jenis produk buah-buahan: berfungsi sebagai pelapis (melapisi pori-pori buah sehingga terhindar dari kekeringan dan kerusakan oleh mikroba) untuk menjaga kesegaran dan keawetan buah.
7.Jenis produk permen dan produk sejenisnya: berfungsi untuk mengatur konsistensi produk, mengatur daya gigit dan kekerasan serta tekstur produk, mengatur kelembutan dan daya lengket di mulut. (www.indohalal.com)


So, daripada ilmu diatas, sahabat semua dapat tak sedikit info apa itu gelatin? gelatin ni banyak digunakan di dalam makanan, puding, jelly, dan kek. Saya menggunakan halal gelatin untuk membuat chocolate indulgance saya. Mula-mula saya ragu-ragu. Namun setelah membeli yang halal. Alhamdulillah semuanya tidak was-was lagi. So sebelum membeli pastikan halal tanpa was-was. Moga Allah memuliakan Sahabat sekalian.

No comments: